Prinsip Iradiasi Pangan

Posted by umamkhoirul Wednesday, May 27, 2009 ADD COMMENTS

Pada pengawetan bahan pangan dengan iradiasi digunakan radiasi berenergi tinggi yang dikenal dengan nama radiasi pengion, karena dapat menimbulkan ionisasi pada materi yang dilaluinya (Maha, 1981). Gambar 2. menunjukkan prinsip pengawetan bahan pangan dengan iradiasi.

Sumber iradiasi

Bahan pangan

Eksitasi, ionisasi, dan
perubahan komponen sumber iradiasi

Efek fisik, kimia,
dan biologis bahan pangan

Pertumbuhan sel bahan terhambat, mikroorganisme
patogen dan pembusuk mati, perubahan warna, aroma,
dan tekstur bahan, perubahan nilai nutrisi

Gambar 2. Skema proses pengolahan bahan pangan dengan iradiasi

Gambar di atas terlihat bahwa sumber iradiasi (sinar x, sinar gamma dan berkas elektron) mengenai bahan pangan. Apabila hal ini terjadi maka akan menimbulkan eksitasi, ionisasi dan perubahan komponen yang ada pada bahan pangan tersebut. Apabila perubahan terjadi pada sel hidup, maka akan menghambat sintesis DNA yang menyebabkan proses terganggu dan terjadi efek biologis. Efek inilah yang digunakan sebagai dasar untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada bahan pangan (Maha, 1981).
Pemanfaatan praktis iradiasi bahan pangan banyak berkaitan dengan pengawetan. Radiasi menonaktifkan organisme perusak pangan, yaitu bakteri, kapang dan khamir. Iradiasi juga efektif untuk memperpanjang masa simpan sayur dan buah segar karena membatasi perubahan hayati yang berkaitan dengan pematangan, peramunan, pertumbuhan dan penuaan.
Ketidakstabilan ini menyebabkan inti atom bergerak menuju inti stabil dengan memancarkan radiasi pengion (ionizing radiation) atau yang umum dikenal dengan nama iradiasi. Sesuai dengan namanya, radiasi pengion bila bereaksi dengan materi akan menghasilkan ion. Hal ini terjadi karena energi yang dihasilkan cukup kuat untuk memecah ikatan kimia. Radiasi pengion ada yang berupa partikel dan ada yang berupa gelombang elektrmagnetik.
Berberapa proses peluruhan radioaktif yang menghasilkan partikel  atau  membentuk inti baru yang berenergi tinggi. Inti ini kemudian melepaskan energinya dalam bentuk radiasi elektromagnetik, yaitu sinar gamma (). Sinar  memiliki daya tembus yang amat kuat dan tidak terbelokkan oleh medan magnet atau medan listrik.
Menurut Maha (1985), iradiasi adalah suatu teknik yang digunakan untuk pemakaian energi radiasi secara sengaja dan terarah. Sedangkan menurut Winarno er al., (1980), iradiasi adalah teknik penggunaan energi untuk penyinaran bahan dengan menggunakan sumber radiasi buatan. Apabila suatu zat dilalui oleh radiasi pengion, energi yang melewatinya akan diserap dan menghasilkan pasangan ion.

kangen kampus

Posted by umamkhoirul Monday, May 25, 2009 ADD COMMENTS


Saturday, 23 May 2009
Lama juga ngga pergi ke kampus, maklum udah ngga ada kerjaan di kampus. ngerasa kangen juga ama lingkungan, lab, dan temen-temen. kemaren kebetulan ada yang harus diurus jadi ya ke kampus juga akhirnya.

sekalinya ke kampus, malah ngga balik-balik dari pagi ampe malem, harus ketemu dosen, ngurus ini dan itu, dan sok-sok sibuk ikutan rapat, sampai bikin paper. Alhasil berangkat dari jam 8 pagi dan baru balik jam 10 malem.

jadi teringat masa lalu ketika masih tingkat 2, 3, dan awal tingkat 4. seharian penuh di kampus, sampai-sampai lupa punya kosan, dan sayang udah bayar kosan mahal tapi ngga ditempatin, cuma buat numpang tidur doank. bayangin aja, berangkat dari kosan jam 6 atau setengah 6 pagi, hunting di internet sampai jam 7, jam7 kuliah ampe sore. belum lagi kalau pas ada kegiatan, biasanya baru balik jam 10 atau 11 malem, itu pun kalo ngga ketiduran di kampus. kalaupun jam 9 malem udah balik, jadi ngerasa aneh pas di jalan, masih pakai sepatu dan muka udah kusut, belum mandi lagi. padahal orang lain yang kutemui di jalan udah rapi dengan pakaian santainya,

ternyata aku pernah pinter

Posted by umamkhoirul Sunday, May 24, 2009 ADD COMMENTS


Iseng-iseng buka KRS online di http://krs.ipb.ac.id dan sedikit terkejut melihat nilai-nilaiku di semester awal, ngga nyangka ternyata aku pernah pinter juga. tapi kenapa sekarang kok rasanya aku makin bodoh aja ya?

Malu aku sekarang, nilaku perlahan tapi pasti selalu menurun, dan sekarang tinggal sisanya aja, huhu.. sedih. rantai karbon yang ngga indah itu telah menghiasi transkripku.

akunya yang tambah bodoh atau pelajarannya yang tambah susah ya? kayaknya dua-duanya.


nge-save chatingan di yahoo messenger

Posted by umamkhoirul Saturday, May 23, 2009 ADD COMMENTS




Wednesday, 20 May 2009

Ternyata chatingan kita di yahoo messenger bisa disimpan loh, sederhana banget buat settingnya, sbb:

  1. masuk ke yahoo messenger
  2. pilih messenger > preferensi atau bisa pake shortcut Ctrl +Shift + P
  3. pilih arsip
  4. pilih ya, simpan semua pesan saya (yang paling atas)
  5. pilih OK

maka semua chatingan yang ada akan disimpan, cara untuk melihatnya, sbb:

  1. pilih kontak
  2. pilih arsip pesan
maka akan terlihat semua arsip chat kita


Wednesday, 20 May 2009
administrasi dan birokrasi di Indonesia kayaknya jadi momok di semua bidang, riweh, ribet, dan membosankan. birokrasi yang terlalu panjang dan berbeli-belit, mesti kayak gini, kayak gitu, aturannya seperti ini, seperti itu, mesti minta tanda tangan si anu dan si itu, mesti bayar ini dan itu, mesti dilengkapin pake surat ini dan dokumen itu. membuat kita ngga fokus dengan apa yang mau kita kerjakan.
membosankan, sangat membosankan.

Monday, 18 May 2009

 sebuah sms dari pembimbing akademikku masuk ke inbox

"Mam, kamu siap ujian senin 25 ini? Bu FZ udah setuju draft kamu? Udah banyak diskusi dengan beliau?"

What?? ujian?? sidang?? minggu depan??

Gileee...

skripsi aja belum jadi, udah mau sidang aja.Tidak disangka akan begitu cepat disuruh sidang, baru semalem bu since balik dari Australia, eh sekarang udah ngasih kesempatan buat sidang, hooo....

shock juga...

mungkinkah persiapan cuma seminggu? guys, everything is possible


update
written by umam, May 20, 2009

ngga jadi sidang senin ini, dosen pembimbing pertama sebenernya udah ok, pembimbing kedua juga ok,
tapi dosen pembimbing ketiga ngga bisa,
diundur deh, belum tau mau sidang kapan

Lolong

Posted by umamkhoirul ADD COMMENTS


Sunday, 17 May 2009

Jembatan batu di sebelahku diam

Pancuran bambu kecil memercikkan air

Menghempas di atas batu hitam

Merintih menikam sepi pagi


Pucuk-pucuk cemara bergoyang-goyang

Diterpa angin dingin bukit ini

Seperti mengisyaratkan doa

Rahasia alam diam di sekitarnya


Di sini pun aku mencari Engkau

Setiap kali ku panggili namaMu

Namun selalu saja hanya gema suaraku

yang terdengar rindu

Gadis manis duduk di sebelahku

Menyematkan kembang di saku bajuku

Dan bercerita tentang sepasang burung

Yang bercumbu di atas dahan


Tetapi sepi tetap bergayut di dada

Selalu kuteriakkan kata "Di mana?"

Tetapi rindu tetap bergayut di dada

Selalu kuteriakkan kata "Di mana?"


Ketika pulang aku turun ke kali

Dan berkaca di atas air

Kulihat wajahku letih dan tua

Tapi aku berusaha tertawa

Anggap hidup hanya sandiwara

yang kan berakhir segera

About me and this blog

Saya adalah seorang makhluk yang lemah, tapi saya punya keinginan, cita-cita, dan mimpi yang tinggi dan saya yakin saya bisa menggapainya dengan izin Alloh
Blog ini sebenernya aku pakai buat backup dari blog yang ada di websiteku http://khoirulumam.com

KOMPAScetak

Popular

Installed by CahayaBiru.com